Pengalaman Bayar STNK di saat Pandemi COVID-19 tahun 2020.

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Setelah tahun lalu penulis mengupload tulisan terkait pengalaman penulis membayar pajak STNK di tahun 2019, kali ini penulis mau mengupdate mengenai pengalaman membayar pajak STNK di tahun 2020. Untuk tahun ini lumayan unik karena saat ini masa pandemic Virus COVID-19, jadi ada beberapa hal yang berbeda sedikit.

Untuk dokumen apa saja yang perlu dibawa, tidak ada perubahan dibanding tahun lalu, yaitu.

1.       STNK asli dan fotokopian

2.       Foto kopi BPKB (mending bawa aslinya juga, penulis sih kemarin bawa asli juga daripada diminta terus bolak balik)

3.       KTP asli dan fotokopian (sesuai STNK)

4.       Kalau mengurus perpanjangan untuk orang lain harus disertai Surat Kuasa.

Seperti tahun sebelumnya, penulis memilih gerai Samsat di Blok M Square, karena pengalaman tahun lalu urus disini asal datang on time sangat cepat dan petugas juga relative ramah, jadi daripada adaptasi sama tempat baru mending di tempat yang sama aja.

 Samsat Blok M Square yang letaknya di lantai 3A ini bukanya jam 9.30, akses paling gampang masuk kesini tuh dengan parkir di lantai 3A, karena disitu letak gerai Samsat Blok M square, abis parkir motor, masuk lewat pintu kaca terdekat langsung deh ketemu gerai Samsatnya.

Sama seperti tahun lalu, tepat jam 9.30 gerai Samsat dibuka, salut sama ontimenya pak polisi karena selalu konsisten dari tahun ke tahun.

 


 

Biasanya setelah buka kita disuruh ambil formulir. Nah, yang membedakan tahun ini dengan tahun sebelumnya, di tahun ini para pemohon disuruh duduk di tempat yang sudah di tetapkan dan tentunya dengan menjaga jarak. Jika tahun lalu kita ambil sendiri, tahun ini formulirnya dibagikan ke tempat kita duduk, kita bahkan ga disuruh berdiri karena tujuannya biar tidak ada kumpulan, lumayan juga nih protocol kesehatannya. Oiya tentunya harus pake masker ya, karena kalau ga tidak akan dilayani.

Formulirnya ga beda sama tahun lalu, data yang diperlukan ada semua di STNK dan BPKB kita, jadi siapkan saja STNK kita serta BPKB biar cepat bisa selesai mengisi formulirnya, karena makin cepat kita kumpulkan makin cepat juga nama kita dipanggil untuk bayar, antriannya dimulai sejak formulir diserahkan.

Setelah selesai isi formulir, serahkan formulirnya ke counter untuk di cek kelengkapan dokumennya, dokumen yang diminta sesuai diatas. Oiya untuk di gerai Samsat Blok M Square ini pastikan STNKnya masih berlaku ya, jika tidak tidak bisa melakukan pembayaran disini.

Gak lama setelah formulir diserahkan, kasir akan memanggil nama kita untuk melakukan pembayaran.

Setelah pembayaran, STNK kita akan di cap dan kita diserahkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran yang baru. Proses dari awal sampai akhir hanya 10 menitan, sama seperti tahun lalu, dengan catatan penulis datang pagi dan serahin formulir nomer 1 makanya ga ada antrian hehe.

Jadi demikian pembayaran STNK di masa pandemi Corona ini, tapi walaupun ada Coronavirus kita masih bisa membayar pajak intinya. Semoga berguna ya.

Comments