Kawasaki ZX25R, Mesin Pencetak Kaum Mending?

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. 

Pada tanggal 23 Oktober 2019 Kawasaki resmi merilis motor 250cc terbaru mereka di Tokyo Motor Show 2019, yaitu Kawasaki ZX25R, yang istimewa dari motor ini adalah motor ini sudah dibekali dengan mesin 250cc 4 Silinder, DOHC 16 katup yang bisa menjerit sampai 17,000 RPM! Selain itu telah dibekali dengan quick shifter, throttle by wire, riding mode, banana swing arm, air ram di atas headlamp, serta traction control. Dari sisi harga, kemungkinan dirilis di kisaran 95-115 jutaan.

Source: Youtube Kawasaki Indonesia

Namun dari sisi design, ZX25R ini tidak jauh berbeda dengan kakaknya Ninja 250, design Ninja family disematkan juga ke ZX25R ini jadi terlihat mirip dari Ninja 250, ZX25R, ZX636R dan ZX10R.

Oke, sekian kita bahas si ZX25R. Loh? Kok dikit amat bahas motornya?

Karena di artikel ini penulis ingin membahas tentang fenomena kaum mending. Apa itu kaum mending? Kaum mending itu kaum yang ketika ada suatu barang atau apapun ditawarkan ke market/pasar, mereka akan berkomentar “daripada beli itu, mending uangnya dipake…….”, dan fenomena itu muncul lagi ketika ZX25R ini dirilis. Bagaimana tidak triggered, harga 100 jutaan bukan jumlah yang sedikit, dan penulis sangat sadar atas hal tersebut. 

Fenomena ini biasanya akan membandingkan suatu barang dengan apa yang kaum ini anggap lebih pantas untuk dibeli. Dan harga 100 jutaan yang tidak sedikit ini sih bakalan banyak yang bisa dibeli selain 1 buah motor. Penulis coba list yah beberapa Item yang harganya kebeli dengan Rp 100 Jutaan, jadi teman-teman tinggal nambahin aja di belakang kalimat “dari pada beli motor ini, mending uangnya dipake buat beli……………”

Ninja 250, orang desainnya sama aja (padahal klo diliat baik-baik jeroannya banyak yang kelas kakap motor ini).
Motor 600cc 4 Cylinder No Paper tahun ga tua-tua banget, bahkan masih bisa dapet kembalian
Moge ER6n, kembalian banyak
Moge 1000cc 4 Cylinder No Paper tahun agak tua, atau tahun ga tua-tua banget juga kadang masih dapet
Mobil LCGC, bisa yang baru type terendah atau type agak atas second
Mobil Low MPV tahun sedeng
Mobil MPV tahun agak tua
Tanah?
Sawah?
Sapi 4-5 ekor? Kambing?
Uang Sekolah?
DP Rumah?
DP Mobil?

Silahkan teman-teman tambahin sendiri hehe.

Fenomena ini muncul karena untuk sebuah motor 250cc harga ini memang cukup tinggi, seperti yang kita tahu sudah cukup banyak motor 250cc di Indonesia yang dirilis dan kisaran termahal Cuma tembus sampai 70 jutaan, Cuma memang ngga yang 4 cylinder brooo, jadi menurut penulis ga bisa disandingkan dengan si ZX25R ini.

Apakah ZX25R ini sukses menelurkan kaum mending? Jawabannya ya karena komentar-komentar seperti diatas sering penulis baca / dengar langsung dalam obrolan yang membahas ZX25R. Apakah bikers Indonesia akan tetap beli motor ini walaupun dihargai segitu? Menurut penulis sih pasti tetep aja akan ada yang beli, apalagi nama besar Kawasaki Ninja ZX series dipakai di motor ini, orang motor BMW entry level aja yang harga segitu tetep aja ada yang beli, gimana motor 250cc 4 Cylinder 16 katup. Biker Indonesia sih susah dilawan, pajak gila-gilaan aja moge-moge tetap berseliweran. Walaupun dalam hati penulis berharap juga kalau harganya jangan tinggi-tinggi banget.

Source: Youtube Kawasaki Indonesia
Semoga semangat terus biker Indonesia. Mohon maaf jika ada yang tersinggung, artikel ini tidak ditulis untuk menyinggung hanya untuk bersenang-senang dan berbagi saja, semoga kebeli deh si ZX25R ini, amin.



Post a Comment

4 Comments

  1. Seratus jeti gak banyak kok mas.
    Indonesia bangsa yang besar. Sdh bnyak warga nya yg kaya-kaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, malah moge yang pajaknya doang diatas 100 juta laris manis

      Delete
  2. Kalo ane lijat tahun 2008 waktu Ninja 250 karbu pertama muncul juga kejadiannya mirip-mirip. Harga 40 juta-an wow banget waktu itu, tapi lambat laun laris manis bak tahu bulat, Mas.

    Barangkali terulang lagi di ZX25R ini nantinya.

    Hehehe.

    https://warkop555.blogspot.com/2019/10/modifikasi-honda-cbx1000-by-jd-max.html?m=1

    ReplyDelete
  3. setuju mas
    namanya Ninja pasti ada aja marketnya, itu hebatnya Kawasaki. Cuma waktu itu ER6N blm seliweran, pasti ada beberapa yang komen perihal mending beli ER6N 2nd, bisa parkir di lobby mall hehe

    ReplyDelete