Review Pemakaian Helm AGV K1, Benarkah Sebagus Itu?



Review pemakaian Helm AGV K1, benarkah sebagus itu?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

“It’s really light weight and looks nice!!”
“Nice design and functionality”
“Cool looking, vision is great, comfortable”
“Very happy with it, super light and very quiet! Pretty stylish too!”
“Such a solid helmet for the price!”



Beberapa komentar diatas adalah hasil review owner AGV K1 yang penulis baca di website salah satu online store yang cukup terkenal. Komentar orang-orang inilah salah satunya yang membuat penulis penasaran sama helm yang tahun lalu dirilis oleh AGV. Dari awal rilis sih emang udah langsung naksir karena design-nya yang agresif dan fiturnya yang lumayan banyak di rentang harga 3 Jutaan. Tapi apakah emang bener si AGV K1 ini sebagus itu?

Penulis naksir banget sama yang warna Matt Black, sangar bgt, akhirnya penulis sempetin dateng ke salah satu toko helm langganan yang ngejual helm-helm AGV. Ketika penulis sampai langsung tanya “Ada AGV K1 yang Matt Black ga?”, dan dijawab dengan “Untuk Matt Black ga ada, adanya yang warna lain” langsung deh pupus harapan, yang lain juga keren sih, apalagi yang motif Dreamtime, sadis sih itu, Cuma penulis kepengen bgt yang Matt Black, rencana mau dikasih visor yang Iridium Gold biar makin sangar, “kalau Matt Black adanya yang K3SV mas” duhh hati penulis kayanya udah tertambat sama si K1, akhirnya hari itu penulis batal dulu meminang helm, dengan berharap dilain waktu insya Allah rezekinya dateng.



Ga berapa lama kesempatan yang ditunggu dateng, penulis ada rezeki untuk liburan ke Thailand, langsung deh browsing-browsing  toko apparel motor disana, ketemu salah satu nama toko langsung deh japri via youtube (mereka punya youtube channel tapi bahasa Thai) sambil berharap dibales dan orangnya ngerti bahasa inggris, ga berapa lama ditanya balik, kira-kira kata2nya begini “nyari ukuran apa?”, penulis jawab blm tau jg blm pernah fitting, akhirnya dia bilang “kita adanya ukuran L”, penulis agak kecewa karena berarti ga bs nyobain ukuran mana yang paling pas, akhirnya memutuskan untuk dateng dulu aja, klo emang pas fitting ga pas ya gaush beli belum rezeki.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu dateng, setelah beberapa hari pegel nemenin keluarga belanja baju dan pernak pernik, akhirnya dateng giliran penulis untuk hunting helm, naik grab akhirnya sampe di toko, pas penulis nanya “do you have AGV K1 in Matt Black?” langsung dijawab “Oh you are the one that sent a message on youtube!” kaget inget juga dia haha, akhirnya diambilin deh dari storagenya si Matt Black dan pas liat in person langsung deh naksir, rapih banget finishing, kualitasnya juga oke, walaupun ga enteng-enteng bgt ternyata sekitar 1600 gram lah buat ukuran L, Cuma untuk harga segitu cukuplah, dan akhirnya pas testing ukuran ternyata pas! Langsung deh ga banyak babibu langsung dipinang.

Tapi, apakah bener review yang ditulis orang-orang itu sesuai? Setelah pemakaian sehari-hari, penulis coba deh jabarin ya di artikel ini.

Design, Ventilasi & Noise:
Helm AGV K1 ini dilihat dari sisi design sudah menganut model aerodinamis, bisa dilihat dari shape yang agresif ditambah dengan ventilasi yang cukup baik, di bawah visor area chin guard ada 2 ventilasi, dan di atasnya terdapat 3, serta 2 lubang lagi di spoiler belakang!. Hasilnya? Ketika dipakai di kecepatan sedang enak dan stabil bgt! Ga ada tuh sensasi kegampar-gampar, untuk noise juga lumayan teredam, Cuma ya ga sesenyap helm-helm high end, tapi lumayan bgt untuk harga segini. Ventilasinya juga berfungsi cukup baik, kalau macet ga panas karena udara masih ada sirkulasi. Finishing cat juga bagus dan rapi.





Visor:
Untuk visor, walaupun ventilasi lumayan memadai, emang fogging masih terjadi, bisa dihilangkan sih masalah ini dengan pasang Pinlock, karena visornya emang udah Pinlock ready, sayangnya pas pembelian ga dapet euy pinlock nya, harus beli sendiri L.
Shellnya katanya scratch resistant, emang sih beberapa kali pemakaian blm ada tanda-tanda scratch, mudah-mudahan kedepannya bakal terus bebas dari scratch deh, penulis paling gedek klo pake helm visornya baret2, bikin pusing!
Pandangan juga jadi luas banget klo pake helm ini, mau liat kiri kanan pas pindah jalur jadi mudah banget, ga perlu noleh ampe muter kepala udah keliatan. 





Shell & Safety:
Untuk bahan, shell helm ini terbuat dari High Resistance Thermoplastic Resin, cukup lah untuk pemakaian sehari-hari, Cuma kayanya klo pemakaian sirkuit better pake yang spesifik di design buat balapan deh biar aman, walaupun emang helm ini udah double d ring (DD ring) sih, tapi tetep aja klo balapan nyari yang lebih safety aja mending deh.
Oiya shellnya ada 2 size, tapi penulis baru pernah nyoba 1 size yang lebih besar (ukuran L-XL), alhasil emang ukuran shellnya lumayan gede sih, dan penulis keliatan agak lucu aja jadinya karena ukuran shellnya lumayan gede, tapi yaudahlah ketutupan sama designnya yang keren hehehe.



Lining:
Bahannya nyaman dan halus, empuk juga ga ada pressure point yang bikin pusing. Oiya ini liningnya juga fully removable yah jadi enak klo mau cuci helm klo udah sering kena keringet. 

Fit:
Fitnya lumayan true to size, penulis pake ukuran L, walaupun klo mau lebih snug fit lagi mungkin masih bisa dipaksain ukuran M, jadi penasaran mau cari yg ukuran M, sekalian shell size nya kan lebih kecil, siapa tau ga agak lucu gara2 shell kegedean kaya sekarang hehehe.

Kesimpulan:
Buat helm dengan harga segini, AGV K1 dari sisi design udah best banget sih menurut penulis, untuk fitur walaupun minimal tapi yah cukuplah, dengan ventilasi, visor, spoiler, lining berkualitas, DD ring, top deh. Kurangnya mungkin di berat nya kali ya, banyak helm yang lebih enteng, even yang lebih murah dari ini juga banyak yang lebih enteng, selain itu shellnya agak gede, agak terlihat lucu klo badan kecil dan pake riding gear ga lengkap (contoh kaos doing), bakal kaya boneka mampang deh, Cuma versi ganteng aja karena pake helm AGV ini.
Pokoknya penulis ga nyesel deh ambil helm ini, oiya biar lebih keren rencana mau dipasang visor Iridium gold, nanti penulis buatin lagi deh artikelnya klo udah ada J.
Semoga artikel ini dapat membantu readers yang lagi bingung nyari helm kualitas bagus di range 3 jutaan ya.

  

Comments

Post a Comment