Pemakaian Balaclava, Pentingkah?


Pemakaian Balaclava, Pentingkah?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Perkenalkan Blog Berbagibiker. Blog ini didirikan atas passion penulis dalam dunia permotoran, semoga dengan adanya blog ini dapat membantu para readers untuk lebih mengerti dan menimbulkan kecintaannya terhadap dunia yang menjadi passion saya ini.




Untuk artikel Perdana Berbagibiker, penulis ingin mengulas mengenai hal yang sepele dulu deh, yaitu Balaclava. Kenapa sepele? Coba aja liat, di jalanan berapa persentase pemotor yang memakai Balaclava, boleh dibilang hanya hitungan jari kan sekali jalan, malah kadang sekali jalan ga ketemu sama sekali orang yang riding sambil pakai Balaclava hahaha.

Lah terus? Kenapa malah diulas di blog ini? L haha namanya juga Blogger pemula, selain belum mahir men-generate tulisan yang akan dibaca oleh banyak orang, penulis ingin mengulas tentang salah satu perangkat riding yang sering dilupakan oleh orang ini.



Sebenernya, penting ga sih pake Balaclava? Banyak yang jawab sih ga, karena apa? macem-macem alasannya, ada yang bilang panas, ribet dll tapi ternyata banyak juga lho kelebihannya.
Emang apa aja sih? Penulis emang belum lama pake Balaclava, mungkin baru hitungan bulan, Cuma ternyata dalam waktu yang sebentar ini udah kerasa bgt manfaatnya, antara lain yang penulis pribadi rasain adalah:

1.        Terhindar dari polusi dan debu
Penulis biasa riding sehari-hari di kota Jakarta yang ramai ini, bisa dibayangkan volume polusi kendaraan dan debu yang bisa dihirup oleh pengendara motor. Nah si Balaclava ini salah satu kegunaannya bisa menyaring polusi dan debu tersebut dikarenakan mulut dan hidung kita tertutup dan debu atau polusi yang akan lewat akan tersaring sebelum terhirup. Kebayang klo tiap hari menghirup polusi terus, apa ga cepet bengek nanti.



2.       Terhindar dari panas (lho?)
Apa urusannya sama terhindar dari panas? Bukannya dengan adanya kain tambahan malah kita kerasa lebih panas ya harusnya? Emang sih gerah, tapi pernah ga di cuaca yang panas bgt trs readers ngerasa di tengkuk belakang leher kerasa kaya kebakar saking panasnya? Nah, situasi seperti ini yang dapat dihindari dengan menggunakan Balaclava, tapi tentunya pake Balaclava yang model panjang ya sampai menutupi leher dan tengkuk, sehingga kita terhindar dari panasnya Matahari terik.

3.       Terhindar dari dingin (lah???)
Kok? Tadi terhindar dari panas, sekarang kok dingin? Readers ada yang pernah riding di daerah yang dingin? Misal lagi touring atau even bangun subuh2 harus berangkat kerja pagi2, pastinya di leher terasa dingin, bahkan kadang angina dingin masuk ke dalem helm (tergantung kualitas dan tipe helm). Maka dari itu di situasi seperti ini Balaclava dapat membantu untuk mencegah kita terkena serangan udara dingin ini.

4.       Menyerap keringat dan membuat helm tidak bau
Pengalaman penulis, sehari-hari menggunakan motor untuk pulang pergi ke kantor, kalau udah ketemu udara panas + macet udah pasti banjir keringet deh. Balaclava bisa mencegah atau mengurahi keringet tersebut menempel di dalam helm kita, jadinya itu helm ga bau-bau banget abis kena keringet. Lagian gampangan nyuci Balaclava sering-sering kan daripada kita harus nyuci inner helm kita karena kena bau keringet?

5.       Fit helm lebih baik
Klo ini tergantung, tapi pengalaman pribadi penulis setelah memakai Balaclava, penulis ngerasa kalau fit helm yang penulis pakai sehari-hari (AGV K1 dan Snail FFS1) jadi lebih fit dan nyaman. Cuma mungkin kalau yang ukuran helmnya udah ngepas banget mungkin jadi kesempitan ya.

Selain banyak kelebihannya emang ada juga sih kekurangannya, dan yang paling penulis ga suka dari pemakaian Balaclava sih biasanya jadi nge cap bekas pakainya karena kena jahitan, tapi mungkin kalau pake Balaclava yang merek mahalan mungkin ga ya? Penulis blm pernah coba sih, mungkin nanti klo udah coba akan penulis buatin lagi artikelnya.
Segitu dulu untuk artikel Perdana ini, semoga bisa membantu readers dalam menentukan perlu / ngganya pake Balaclava untuk riding harian, klo penulis sih bakal pake terus kayanya nih, kecuali klo Cuma buat ke warung deket rumah, hehehe.


Comments