Alpinestars Jam Air, Sepatu Riding yang Universal



Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.
 
Sepatu riding….. Apa yang terpikirkan oleh kalian ketika membahas soal sepatu riding? Untuk pribadi penulis, hal yang terbersit adalah sepatu yang tinggi, besar, tebal, berat, bulky, dan tidak nyaman. Ya memang seperti itu sih riding boots, karena hal yang dicari adalah keamanan dan fungsinya adalah melindungi kaki kita ketika terjadi crash, makanya sepatu tersebut dibuat seperti itu.



Namun persepsi penulis agak berubah beberapa bulan yang lalu, ketika sedang mencari riding boots, penulis bertemu dengan satu pasang sepatu Alpinestars Jam Air, oke pertama-tama sepatu ini emang lebih cocok dinamakan riding shoes daripada riding boots, karena bentuknya dan juga bahannya, dan dari sisi safety mungkin lebih lebih dibawah sepatu riding lainnya. Di artikel ini penulis akan mengulas pengalaman memakai Alpinestars Jam Air ini.

Sesuai judul artikel ini, riding boots yang universal, maksudnya apa sih? Sebenernya awalnya penulis udah lama nyari sepatu riding, walaupun diluar sana banyak sepatu riding, tapi penulis kesulitan menemukan yang sesuai selera, karena penulis lagi pengen nyari sepatu riding yang bisa dipake selain naik motor, jadi dipake riding bisa, dipake jalan atau kerja juga ga malu-maluin, kebayang kan klo pake sepatu riding buat jalan atau kerja reaksi orang bakal kaya gimana?



Persepsi penulis ke sepatu riding berubah ketika penulis ketemu sepatu Alpinestars Jam Air, ketika liat dari jauh penulis sebenernya ga sangka ini sepatu riding, tapi pas dilihat dari dekat, wah beneran ada protektornya dan bahannya juga lumayan solid, alhasil nge test size dan ternyata pas bgt! Tanpa banyak pikir akhirnya tujuan selama ini terpenuhi, ketemu juga sama sepatu riding yang bisa dipake buat naik motor plus jalan jalan atau kerja!
Setelah pemakaian beberapa bulan, penulis mau sedikit mengulas tentang sepatu ini.




Style
Dari sisi style, penulis kena banget sama sepatu ini, ini satu-satunya sepatu riding yang penulis punya yang penulis ga malu klo pake jalan dan kerja, ga pernah ada yang ketawain atau mencibir malah kebanyakan memuji sepatu ini, emang sepatu ini dilihat dari jauh ga keliatan sama sekali kaya sepatu riding sih, Cuma kaya sneaker boots kebanyakan aja, dengan bahan kulit serta synthetic suede menambah kekecean sepatu ini, ditambah logo Alpinestars yang sederhana ga terlalu mencolok dan enak dipandang.



Safety
Sepatu ini terbuat dari bahan kulit dan suede, sedangkan sol sepatunya dari karet. Terdapat juga protector di area jari kaki dan bagian kiri dan kanan engkel serta di tumit. Klo dari sisi safety sih lumayan minimalis dan ga seaman kebayakan sepatu riding lainnya, yang jelas ga cocok dijadiin sepatu balap sih.
Ketika sepatu ini diikat terdapat feeling klo sepatu ini solid dan ga mudah lepas, yang artinya bagus karena klo sepatu lepas ketika terjadi crash amit-amit nasib kaki kita ini.

Kenyamanan
Penulis lumayan kaget dengan kenyamanan sepatu ini, dari pertama dipake udah nyaman banget dan ga kerasa kaya pake riding boots, mau seharian pake ini di tempat kerja juga ga ada masalah.
Bahannya juga perforated (bolong-bolong) jadi sirkulasi udara bagus banget dan ga panas, Cuma jadinya sepatu ini ga waterproof deh.



Durabilitas
Ini agak jadi concern penulis, untuk pemakaian santai aja (ga ujan-ujanan dan tanah2an) sepatu ini udah ada baret-baret di area suede, ga pengaruh ke kualitas safetynya sih Cuma agak ga enak dilihat aja, selain itu sepatu ini juga ga waterproof, jadi ya udah pasti basah kemana-mana kalau dipake ujan-ujanan, dan apakah bahannya bertahan ketika kena hujan? Penulis blm bisa komentar karena masih sayang dipake hujan-hujanan.


 
Sekian dulu ulasan terhadap sepatu Alpinestars Jam Air yang dihargai hampir 3 jutaan ini, dari sisi gaya sih udah top banget, makanya penulis berani bilang universal karena bisa dipake dimana aja, riding dapet, jalan dapet, ngantor juga dapet, tapi dari sisi safety dan durabilitas memang agak kurang sepatu ini, semoga ulasan ini bisa membantu teman-teman yang lagi nyari sepatu riding.


Comments