Resmi! Duet Marc – Alex Marquez di MotoGP 2020

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Akhirnya berita yang beberapa hari ini ditunggu oleh pecinta MotoGP sudah keluar. Rasa penasaran siapa yang akan menggantikan Jorge Lorenzo di tim Repsol Honda sudah terjawab. HRC secara resmi telah merilis nama sang pengganti, tidak lain tidak bukan nama tersebut adalah Alex Marquez, seorang pembalap yang naik kelas dari Moto2 dan berhasil menjadi juara dunia Moto2 di tahun 2019, serta merupakan adik dari Marc Marquez sang juara dunia MotoGP 2019.

picture source: crash.net

Penulis sempat menulis artikel pada tanggal 15 November 2019 tentang potensi Alex Marquez sebagai pengganti Jorge Lorenzo di MotoGP. Pada tulisan tersebut penulis beranggapan bahwa peluang Alez Marquez sebagai pengganti Jorge Lorenzo memang terbuka, namun tidak sebesar peluang Cal Crutchlow dan Johann Zarco. Kedua nama tersebut tentunya lebih memiliki pengalaman di ajang kelas premier MotoGP, terlebih Cal Crutchlow cukup berpengalaman mengendarai RC213V yang dikenal tidak mudah untuk dikendarai, eh ternyata kejadian akhirnya keputusan HRC sudah bulat untuk memilih Alex Marquez sebagai tandem kakaknya di tahun 2020 nanti. 

Keputusan HRC menurut beberapa kalangan dikarenakan pengaruh Marc Marquez yang cukup besar di tim Honda, apalagi saat ini Marc Marquez sedang dalam proses negosiasi kontrak, disinyalir keputusan ini merupakan salah satu cara Honda untuk membuat Marc Marquez senang dan betah untuk bertahan di tim Honda, apalagi beberapa waktu lalu Marc Marquez sendiri sempat berkata bahwa adiknya dapat menjadi salah satu kandidat rider Repsol Honda di tahun 2020.

Namun pendapat-pendapat tersebut dibantahkan oleh Alberto Puig. Menurutnya, keputusan untuk memilih Alex Marquez sebagai rider Team Factory Repsol Honda bukan berkat dari pengaruh Marc Marquez tetapi dari prestasi seorang Alex Marquez yang menjadi juara dunia Moto2, menurutnya jika Alex Marquez tidak menjadi juara dunia tahun ini maka dia tidak akan dilirik untuk menjadi kandidat pengganti Jorge Lorenzo. Dia juga berpendapat bahwa Alex Marquez adalah pembalap muda dengan potensi yang besar, jadi Honda memberikan kepercayaan ini untuknya. Yang penulis agak bingung, kontrak yang ditawarkan Cuma setahun, namun ini juga dijawab oleh Puig bahwa hal tersebut untuk menyamakan terhadap pembalap lain yang kontraknya juga akan habis di tahun 2020. 

Wah, kayanya Honda mau test ride dulu nih sama Alex, kalau bersinar bakal di keep kalau ternyata diluar ekspektasi ada kemungkinan digantikan rider lain di tahun depan.

Buat penulis ini hal yang seru sih, cukup langka kakak beradik bisa bersama-sama apalagi di tim kuat seperti Repsol Honda, ditunggu persaingan Marc – Alex di 2020 nanti.

Jadi begitu ya guys, menurut Alberto Puig murni karena prestasi dan kemampuan dari Alex Marquez sendiri tanpa campur tangan sama sekali dari Marc Marquez bro, kalau menurut kalian gimana?

Comments