Review Balaclava RC Motogarage



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelumnya penulis udah pernah menulis tentang apakah perlu seorang rider menggunakan Balaclava. Sebagai pengguna setia Balaclava dan percaya akan kegunaannya, penulis sering kali mencoba beberapa merek Balaclava, dari yang murah seharga 20 ribuan, sampe yang mahal diatas 500 ribuan (walopun klo yang ini masih minjem). Nah, ketika penulis tau salah satu toko apparel riding Ridercare Motogarage (RC Motogarage) mengeluarkan Balaclava buatan sendiri, penulis langsung penasaran dan ikutan beli Balaclavanya, berikut kesan pemakaian selama kurang lebih semingguan.




Mahar yang ditebus untuk Balaclava ini sekitar 100K, lumayan lah untuk Balaclava. Box nya keren, sayang ga sempet kefoto euy. Ketika digunakan Balaclava ini fitnya terasa pas, ga ada area yang longgar, sehingga ga pernah nemu masalah Balaclava ini turun sendiri atau miring karena bergesekan dengan inner helm (biasanya kalau Balaclava yang agak murah ketemu nih problem kaya gini). Ketika dipake di dalam helm juga bikin ganteng terutama yang tampilannya kaya saya yang mendingan ditutup pake Balaclava mukanya.



Untuk material, bahan dari Balaclava ini halus banget sih, dan lumayan tipis, tapi tipisnya bukan kaya tipis yang gampang sobek atau gimana gitu tapi terasa solid. Alhasil ketika dipakai karena tipisnya jadi adem, dan ketika diraba dengan tangan juga bahannya terasa dingin di tangan, jadi klo ada yang beranggapan klo pake Balaclava itu panas, coba deh pake Balaclava ini, insya Allah adem. Balaclava ini lumayan panjang, bisa sampai menutupi leher juga, jadi aman deh leher dari polusi dan sinar matahari, dan di bagian ada Logo RC Motogarage, lumayan bagus juga sablonannya beberapa kali cuci ga hilang atau pudar.

Di bagian mulut dan hidung bahannya agak lebih tipis dibanding sekitarnya, mungkin biar untuk breathability, dan memang ga bikin sesek sih, materialnya lebih lebar pori-porinya di bagian sini. Dan selama memakai Balaclava ini cukup terbukti jadi ga terlalu ngembun dibanding beberapa Balaclava merek lainnya sih, tandanya sirkulasi udaranya cukup baik, namun klo untuk melindungi dari asap dan polusi masih sama aja sih terasa klo udah kena asap motor 2 tak atau motor 4 tak yang asapnya udah ngebul.

Yang lumayan istimewa dari Balaclava ini menurut penulis sih jahitannya. Model jahitannya Zigzag gitu, penulis gatau nama tekhnik jahitnya apa Cuma ini lumayan solid dan rapih jahitan zigzagnya, dan jahitannya juga kaya seamless, jadi ga ada tonjolan dimanapun yang ngebikin pressure point. Kadang beberapa Balaclava di bagian jahitannya kurang rapih jadi antara ngecap di muka atau bikin pusing terutama klo tonjolannya di bagian kening (pengalaman pribadi), jadi salut deh buat tim produksinya, well done.



Mungkin Cuma ada 1 masukan dari penulis, ini mungkin Cuma penulis aja yang ngalamin, Cuma kalau misal bibir agak basah (misal abis minum) itu agak terasa gesekan antara bibir dan bahan di sekitar mulut, mungkin karena material di bagian mulut dari pori-porinya agak lebar jadi ada gesekan, tapi selain itu untuk Balaclava seharga 100 K ini worth to buy banget.

Oiya, yang kerja di RC Motogarage juga orang-orangnya super informative, ramah dan sangat membantu, mungkin lain kali penulis akan menulis tentang toko ini ya jika ada kesempatan.

Sekian dari penulis semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang nyari Balaclava.

Comments