Beli riding gear bekas, Amankah?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebagai seorang pengendara sepeda motor, masalah keselamatan tentunya merupakan hal nomer 1 yang perlu diperhatikan, karena kalau kita naik motor, kecelakaan 1 kali aja sudah terlalu banyak dan mungkin jadi kecelakaan pertama dan terakhir buat kita (alias die).

 
Saat ini banyak yang mulai sadar akan pentingnya safety gear yang berkualitas, didukung juga dengan ketersediaan toko-toko penyedia apparel dengan kualitas yang baik, saat ini merek lokal maupun internasional dapat dengan mudah kita dapatkan. Yang jadi masalah adalah perlengkapan ini tidak jarang harganya cukup mahal. Salah satu cara untuk mendapatkan barang berkualitas dengan harga bersahabat adalah dengan membeli barang bekas. Di artikel ini, penulis tidak akan membahas tentang penggunaan barang replica untuk menghemat uang karena dari sisi safety dipastikan standarnya dibawah barang original, jadi artikel ini spesifik untuk membahas pembelian safety gear bekas yang original. Dari sisi seller, asumsi artikel ini barang didapat dari seller terpercaya, jadi penulis ga akan bahas mengenai sisi seller apakah aman dari tipu-tipu atau tidak, penulis sih selalu ingin berprasangka baik ke semua seller.

Pertanyaannya, apakah aman membeli safety gear bekas? Untuk lebih mudahnya penulis akan membagi safety gear ke beberapa kategori: 1. Helm, 2. Jaket, 3. Sarung Tangan, 4. Sepatu, dan penulis hanya akan membahas dengan asumsi safety gear yang akan dibeli dalam keadaan layak pakai, karena klo udah ga layak pakai ya ngapain dibahas disini udah pasti ga aman dibeli. Jadi inget ya, asumsi disini pertama barang original dan layak pakai serta seller terpercaya.

Helm
Helm kadang menjadi perangkat safety termahal dan terpenting yang kita punya, jadi penting buat kita untuk mempunyai helm yang kondisinya prima. Satu-satunya perlengkapan safety yang penulis belum pernah beli secara bekas adalah helm, pertama karena dari sisi higienis, helm terpapar keringat belum jika kena bersin, jadi kemungkinan ada banyak bakteri di dalamnya, memang sih banyak jasa pencucian helm yang bisa membuat helm wangi lagi atau helm dalam kondisi baru beberapa kali pakai, tapi cukup susah membedakan apalagi kalau kita beli secara online. Kedua untuk helm terkadang kerusakan tidak terlihat dari luar, kondisi helm dari luar bagus banget belum tentu EPS foamnya keadaannya masih baik, salah satu biang keroknya jika helm sering dicantolin di spion, pasti lama-lama EPS foamnya kena impact dan kemampuannya untuk melindungi kepala kita akan berkurang. Penulis tidak anti beli helm bekas, cuma saran penulis jika mau beli helm bekas antara lain hal yang perlu diperhatikan:

Beli helm dari orang yang sudah kita kenal, jika orangnya kita kenal kita setidaknya tahu bagaimana dia memperlakukan helmnya, apakah helm disimpan di tempat layak, helm tidak dijemur di matahari, dicantolin ke spion dan sebagainya.

Jika tidak bisa beli dari yang kita kenal, cek keadaan helm secara langsung. Sekarang banyak helm bekas ditawarkan secara online, saran penulis untuk barang yang dibeli secara online sebisa mungkin dilihat dulu barangnya sebelum dibeli dan diinspeksi langsung. Cek kondisi EPS foam, ratchet, pengait dll, pastikan keadaannya masih prima.


Jaket
Jaket merupakan barang bekas yang penulis paling sering beli. Pertama karena penulis hobi koleksi jaket, kedua stok jaket harus cukup karena lebih sering dicuci dibandingkan dengan safety gear yang lain. Kecuali ada yang tahan ya jaketnya ga dicuci-cuci.
Kalau untuk jaket saran penulis bagi yang ini membeli secara bekas adalah:

Cek internal armornya jika ada, jika kondisi jaket baik tapi internal armornya sudah kurang baik solusinya tinggal ganti armornya aja.

Cek kondisi jahitan, pastikan tidak ada jahitan yang lepas. 

Jaket kulit berkualitas umurnya bisa panjang banget lho, jadi walaupun harga barunya agak mahal, worth it banget beli bekasnya karena pastinya harga dibawah harga baru dan umurnya masih panjang.



Sarung Tangan 
Dibanding safety gear yang lain setelah sepatu, sarung tangan salah satu safety gear yang kerjanya paling keras. Saran dari penulis cari sarung tangan yang kondisinya masih baik dan jarang dipakai. Karena tau sendiri sarung tangan yang sering dipakai aromanya kaya gimana, lah klo kita keringetan udah pasti kena keringet, terus klo lagi di jalan pengen pipis siapa yang inget selalu udah cuci tangan apa belum sebelum masang sarung tangan hayoo?


      Sepatu
 Kalau untuk sepatu, sepatu riding di design untuk di abuse sama pemiliknya, saran penulis cek sol sepatunya apakah masih bagus dan belum pernah diperbaiki. Selama kondisi masih bagus dan harga cocok langsung sikat aja. Oiya jangan lupa dibersihin dulu biar wangi.



Sekian semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman yang ingin beli safety gear bekas, happy hunting!

Comments

Post a Comment