Backpack RS Taichi RSB278, backpack waterproof yang cocok untuk Riding



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebagai biker, salah satu pertimbangan ketika membeli motor adalah bagasi. Beberapa orang memilih motor matic dengan pertimbangan bagasinya luas dan bisa bawa berbagai macam barang tanpa perlu membaca tas/backpack, seperti helm, jas hujan, dokumen, dan lain-lain semua bisa disimpan didalam bagasi. Namun lain halnya dengan rider motorsport yang pilihan motornya membuat mereka tidak punya fasilitas bagasi mumpuni seperti kebanyakan rider motor matic dan mau gamau memerlukan tas/backpack tambahan untuk membawa keperluan mereka.




Penulis adalah salah satu rider tersebut, sebagai pengendara motorsport, udah pasti kapasitas bagasi ga bisa dipake untuk simpen apa-apa kecuali barang-barang super kecil yang paling muat ke dalem abgasi motor, jadi lupain aja mimpi untuk simpen helm, jas hujan, berkas-berkas, dll di dalem bagasi. Nah solusinya adalah dengan menggunakan backpack.



Hanya saja, penggunaan backpack bukan tanpa kendala, salah satu masalah utama backpack adalah jika hujan maka tas dan isinya akan basah kuyub, sehingga ada potensi kerusakan, tas yang tidak di design untuk kena air hujan juga akan cepat rusak dan bau.




Di artikel kali ini penulis mau bahas tentang backpack yang sudah penulis pakai setahun lebih. Backpack ini adalah backpack keluaran dari RS Taichi, yaitu RS Taichi RSB 278. Penulis menggunakan backpack ini untuk keperluan sehari-hari, untuk berangkat kerja dan bepergian lainnya termasuk touring.




Sebelum menggunakan backpack RS Taichi RSB278 ini, penulis menggunakan backpack biasa, dimana terdapat kendala juga hujan tas penulis akan basah sampai dengan isi-isinya dan setelah itu akan jadi bau apek dan lama keringnya, akhirnya penulis mencari solusi untuk membeli tas backpack yang waterproof agak masalah yang sering penulis alami bisa hilang.

Akhirnya kesempatan tersebut datang ketika penulis sedang berjalan-jalan ke Jepang, di salah satu toko motor yang menjual peralatan riding di Ueno, Tokyo, penulis menemukan tas RS Taichi RSB278 ini dipajang. Ketika penulis backpack ini tersedia dalam beberapa warna, ada yang hitam, coklat, hitam merah, dan memang keren-keren, tapi yang menarik perhatian penulis adalah yang warna Camo (motif army), warna Camo ini lebih ke abu-abu dibanding hijau seperti Camo pada umumnya, akhirnya setelah dilihat-lihat ternyata banyak juga fitur dari backpack ini, antara lain:

-          Waterproof compartment
-          Strap di bagian dada dan pinggang, agak lebih safety
-          Reflektor, jika berkendara malam lebih safety karena akan menyala jika terkena lampu mobil / motor lain.
-          Bahan dari Polyester dan Tarpoulin (semacam terpal).


Kapasitasnya juga lumayan besar, bisa muat 25 Liter, penulis biasa bawa helm half face punya anak didalem tas plus barang-barang lain untuk ke kantor, Cuma klo untuk helm full face sih masih ga muat, kalo ditambah jas hujan asal dilipet rapih juga muat. Biasanya sehari-hari isi dari tas ini adalah:
-          Helm Half Face
-          Kotak Makan Siang
-          Baju Ganti
-          HP dan Dompet
-          Jas Hujan (jika hujan aja, karena males lipet2nya)




Setelah pemakaian setahun, penulis merasakan sendiri manfaat dari tas ini, yang di klaim waterproof ini memang bener-bener waterproof, mau hujan lebat sekalipun barang-barang di dalam tas memang masih aman dari basah, selain itu juga bahannya juga cepat kering jadi membersihkan setelah kena basah juga cepat dan mudah serta tidak bau.

Durabilitas juga oke, belum ada tanda-tanda akan rusak sama sekali, padahal udah diajak jalan di berbagai cuaca, concern penulis Cuma satu untuk kompartemen depan kecil banget dan mau ambil barang agak susah saking kecil dan sempitnya, tapi minor aja sih concern nya.

Semoga artikel ini bisa jadi pertimbangan teman-teman yang sedang cari backpack untuk riding ya.


Post a Comment

2 Comments

  1. Replies
    1. waktu beli sekitar 6000 an Yen, hampir 7000 Yen kayanya, cuma dapet tax refund 8% karena tokonya masuk program tax-free klo buat turis, jadi lumayan bgt soalnya kan buat dipake tiap hari harga segitu worth it lah

      Delete