Alpinestars Fighter Air, gloves "murah" tapi apakah murahan?



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kali ini Berbagibikerblog mau mengulas tentang gloves yang penulis sudah gunakan beberapa bulan terakhir ini. Alpinestars Fighter Air ini adalah gloves “murah” dari Alpinestars di sekitar harga 700 ribuan. Ga murah-murah banget sih tapi untuk merk ini emang harga segitu udah murah dibanding yang lain, udah nyentuh angka jutaan pasti. Penulis punya gloves ini yang warna White / Black, waktu liat di toko sebenernya pengen yang All Black, hanya saja ketika dilihat-lihat kok kayanya si putih hitam ini keren juga, akhirnya angkut deh, walaupun dirumah sebenernya masih ada beberapa sarung tangan lain, cuma namanya naksir ya mau gimana, hehehe. Setelah penulis pakai sekitar beberapa bulan, izinkan penulis mengulas gloves unik dari Alpinestars ini, terutama kenapa banderolnya bisa dibawah gloves Alpinestars lainnya.



Material
Pertama-tama yuk kita lihat gloves ini terbuat dari apa aja, dilihat dari label, materialnya antara lain:
-          59% Synthetic Suede
-          21% Genuine Leather
-          17% Polyamide
-          3% Spandex
Ternyata seperti itu toh, salah satu alasan pertama kenapa harganya bisa murah untuk merk Alpinestars ya seperti dilihat dari atas bahan utamanya adalah Synthetic Suede, walaupun memang ada bahan Kulitnya tetapi tidak ditulis spesifik terbuat dari kulit apa. Sisanya dari Polyamide (sejenis nylon klo ga salah) dan spandex.



Fitur
Fitur fitur yang ada di gloves ini antara lain:
-          Lapisan synthetic suede di telapak tangan untuk proteksi tambahan serta meningkatkan durabilitas
-          EVA foam di punggung tangan, emang secara fit lebih nyaman dibanding protector, tapi dari sisi safety pastinya lebih aman yang ada protector, untuk city riding tapi udah cukup asal ga grasak grusuk bawa motornya
-          Di bagian jari-jari dan punggung tangan ada karet yang katanya untuk additional protection, tapi ngeliat dari tipisnya kayanya ini ga add apa2 deh ke protection, Cuma buat pemanis visual aja.
-          Velcro perekatnya solid dan pakem, gausah takut gloves longgar
-          Oiya udah touch screen compatible juga di jari telunjuknya, jadi enak klo mau cek peta di GPS/handphone ga harus lepas-lepas




Comfort
Penulis waktu itu ngambil ukuran S, karena waktu itu lagi lumayan buru-buru jadi nyobain yang S kerasa nyaman di tangan langsung beli, tanpa cek-cek lagi, Ternyata pas dipake riding, pas tangan menggenggam gas, itu kaya kejepit semua isi tangan, sempit bgt jadinya, mungkin karena padding EVA foam di punggung tangan lumayan tebel, jadinya sempit banget, ampe kesemutan tangan didalem gloves, tapi akhirnya setelah seminggu bahannya ternyata lumayan stretch juga, jadi sekarang fitnya pas bgt ditangan, tapi disaranin klo mau beli cobain dulu fitnya senyamannnya dimana.
Gloves ini juga lumayan adem dipakenya, banyak area sirkulasi udara, cocok bgt klo udara lagi panas, tapi klo hujan jgn ditanya tangan pasti kebasahan.
Si Alpinestars Fighter Air ini juga salah satu gloves yang klo dipake tangan masih bisa dipake buat macem-macem, dikarenakan bahannya yang lumayan tipis jadi feeling tangan tuh masih kerasa, beda bgt sama klo pake gloves yang tebel, boro2 mau masang pengikat helm, kadang restletingin jaket aja setengah mati.

Style
Untuk urusan style top sih ini, cocok buat pemakaian kota, design juga agresif, cocok buat anak muda yang mau tampil beda, klo mau yang warna toned down juga bisa pilih yang warna All Black.




Durability
Dikarenakan baru pemakaian beberapa bulan terakhir, belum bisa banyak komentar soal ini, hanya saja di material mesh sudah banyak yang keluar-keluar, alesannya juga lumayan konyol, karena setiap mau lepas gloves material mesh di jari-jari ini selalu lengket di Velcro perekat gloves, mudah-mudahan makin lama ga makin keluar-keluar deh.
Lainnya sih oke, stiching juga rapih, Cuma emang bahan agak tipis, dan pastinya durabilitas dibawah gloves yang full leather.

Overall gloves ini termasuk bagus, Cuma jujur untuk harga 700 ribuan banyak merek lain apalagi yang produk local yang bisa kasih proteksi lebih. Tapi klo untuk style dan build quality ini gloves oke banget, jadi apakah gloves “murah” dari Alpinestars ini murahan? Menurut penulis sih ngga, Cuma bisa lebih baik lagi aja, kalau menurut kalian gimana?

Comments